Wednesday 30 September 2015

Ukuran Standard Kertas Cetak

Bahan Dasar utama yang digunakan untuk mencetak brosur, pamplet, poster, leaflet, kartu nama, flyer, dan lainnya menggunakan bahan kertas Kertas sudah memiliki standard ukuran secara nasional atau internasional, jadi dalam proses produksi hal ini perlu diketahui karena untuk mengukur berapa panjang dan lebar bahan kertas yang akan dibutuhkan untuk mencetak menggunakan pedoman standard ukuran kertas yang sudah ada.Kesepakatan untuk penentuaan ukuran kertas yang digunakan untuk produk lokal (regional) atau mungkin untuk dunia skala internasional. Secara Umum standard ukuran kertas telah dibagi menjadi 5 (lima) seri, sebagai berikut:
  1. Seri A
  2. Seri B
  3. Seri C
  4. Seri R
  5. Seri F
Ukuran-ukuran ini biasanya sudah ada dalam pengelolaan design, microsoft officer, dan software lainnya.Mari kita bahas secara lengkap tentang standard ukuran kertas cetak yang biasa digunakan dalam dunia percetakan, promotion, atau yang lain.

Untuk Seri A yang merupakan seri pertama standard ukuran kertas
ini ukuran terbesar dari Seri A yakni ukuran A0 (118,9 x 84,1 cm) biasa di gunakan untuk kertas plano.
ada juga kertas yang ukurannya setengah dari ukuran A0 yakni ukuran A1, seperti di bawah ini:
ukuran A1 merupakan ukuran kertas terbesar nomer ke-2 dan biasanya yang digunakan untuk acuan kertas adalah kertas A0, sebab penggunan kertas A1 yang relatif jarang kemudian alat untuk memproduksi juga mungkin jarang ditemui.
Seri A untuk ukuran kertas A2
Kertas ukuran A2 ini pun jarang yang menggunakan jadi yang menjadi acuan dalam penggunaan kertas masih pada ukuran kertas A0. Pada ukuran A2 adalah ukuran A0 yang dibagi 4 sehingga diperoleh potongan empat ukuran A2 yang digunakan untuk penggambaran denah atau yang lainnya.
Ada ukuran Seri A yang sering digunakan untuk media cetak yaitu ukuran kertas A3 yang biasanya digunakan oleh usaha jasa percetakan, advertising, promotion untuk ancuan pembuatan nota, pamplet, brosur, flyer, poster, dan masih banyak lagi.

Ukuran kertas A3 ini menjadi pedoman utama dalam mesin cetak sebab blok atau tempat untuk mencetak standardnya adalah ukuran A3. Selain ukuran itu ada juga ukuran yang lain yaitu ukuran kertas A4 yang biasanya digunakan untuk mencetak brosur, pamplet, dan poster dalam media promosi.
ada juga ukuran kertas setengah dari ukuran A4 yaitu ukuran kertas A5. Ukuran kertas A5 digunakan untuk cetak leaflet, flyer, dan lain-lain bahkan digunakan untuk pembuatan nota.
Seri A ukuran kertas A5

Dan yang terakhir dari ukuran terkecil Seri A adalah ukuran kertas A6

0 komentar:

Post a Comment